Welcome to ChandrArt's Blog

Blog ini berisi artikel-artikel original saya tentang kehidupan saya, juga seni ^^
Silahkan baca, komentar, dan +1 jika anda berkenan ^^
Enjoy my blog ^^

Tuesday, October 25, 2011

Aksesoris pada Graphic Tablet

Setelah membahas tentang Graphic Tablet, kita juga harus mempelajari tentang aksesoris-aksesorisnya.
Karena Graphic Tablet memiliki aksesoris-aksesoris yang penting. Kalau begitu langsung saja kita ulas tentang aksesoris pada Graphic Tablet..

Aksesoris utama Graphic Tablet yaitu adalah Puck. Setelah itu ada beberapa aksesoris lainnya, antara lain:
  • Puck, adalah semacam area plastik bening yang berisi helaian menyerupai rambut (crosshairs) untuk menciptakan keakuratan saat menggambar atau tracing.
  • Stylus (Digital Pen). Stylus memiliki tingkat sensitivitas terhadap tekanan terhadap tablet yang beragam. Pada tablet yang murah hanya mampu menerima 256 level tekanan, sementara tablet normal 512 level, dan tablet profesional mampu menangkap 1024 level tekanan. Kebanyakan stylus terdiri dari minimal satu buah tombol, dan umumnya dua, hampir sama halnya dengan fungsi mouse.
  • Stylus Eraser (penghapus). Stylus Eraser berfungsi untuk menghapus bagian-bagian dari gambar yang salah atau bahkan seluruh tampilan warna dari gambar. Selain itu juga mempunyai fungsi yang disesuaikan pada beberapa software grafis.
  • Mouse. Dapat digunakan dengan dua mode. Pertama Mode Absolut, dimana posisi mouse pada layar langsung berhubungan dengan lokasi fisik mouse pada tablet. Kedua, yaitu Mode Relatif, dimana berfungsi mirip mouse biasa. Mouse ini biasanya terdiri dari beberapa tombol dan juga memiliki sensitivitas tekanan seperti Stylus.
  • Airbrush. Banyak tablet yang dilengkapi dengan Stylus yang fungsinya menyerupai kuas untuk menggambar. Namun Stylus yang memiliki Airbrush ini sangat langka dan mahal.
  • Art Pens, adalah fitur tambahan pada Stylus yang memberi kemampuan pada tablet dalam mengenali rotasi pada pena dengan posisi-posisi dan tekanan yang tidak lazim, juga membolehkan aplikasi tersebut untuk memutar pena, membentuk ulang pena.
  • Screen, adalah Graphic Tablet yang merupakan gabungan antara LCD dengan tablet itu sendiri, yang membolehkan penggunanya untuk menggambar langsung pada permukaan display. Artinya, hasil gambar akan tampak langsung di area menggambar. Graphic Tablet yang memiliki aksesoris ini contohnya adalah Wacom Cintiq.
Referensi: Wikipedia

2 comments:

Mahdiar N said...

ternyata sebanyak itu ya

aku kira untuk wacom cintiq bayanganku adalah :

mesinnya, dilapisi touchpad transparan dan layar LCD :P

Yaden Chandra said...

Wah, tapi emang mirip-mirip gitu sih XD
Nanti deh saya pasang gambarnya.. Atau anda googling sendiri XDD *hammer*

Post a Comment

Facebook Connect