Welcome to ChandrArt's Blog

Blog ini berisi artikel-artikel original saya tentang kehidupan saya, juga seni ^^
Silahkan baca, komentar, dan +1 jika anda berkenan ^^
Enjoy my blog ^^

Tuesday, October 25, 2011

Graphic Tablet


Apa kalian mengenal benda yang ada pada gambar diatas?
Ya, benar! Itu adalah Tablet. Lebih tepatnya adalah Graphic Tablet. Karena Tablet yang ini memang dikhususkan untuk digunakan dalam hal-hal grafis atau gambar. Tapi bukan Tablet obat, loh.. Hehehe..


Lalu, apa kalian tahu apa itu Graphic Tablet?
Kalau begitu, mari kita ulas beberapa hal tentang Graphic Tablet..


Graphic Tablet (Tablet Grafis) adalah suatu perangkat keras (hardware) juga input device ke komputer yang memiliki fungsi supaya penggunanya dapat menggambar dengan tangan dan memasukkan sketsa/gambar langsung ke komputer, seperti menggambar biasa di atas kertas (Traditional).

Sebuah Graphic Tablet terdiri dari Digital Tablet dan Digital Pen sebagai penggerak kursornya.
Digital Tablet berbentuk pipih dan datar seperti sebuah papan dan berfungsi sebagai alas gambar. Digital Tablet terdiri atas perlengkapan elektronik yang dapat mendeteksi gerak kursor yang digerakkan oleh Digital Pen, kemudian menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke komputer.
Kursor atau biasa disebut juga Puck, berfungsi layaknya mouse pada komputer.
Sedangkan Digital Pen, atau biasa disebut dengan Stylus. Adalah pena digital yang bentuknya menyerupai pena/pulpen pada umumnya. Tetapi Stylus ini tidak menggunakan tinta, melainkan dilengkapi oleh ujung elektronik yang dapat menggerakkan kursor. Digunakan diatas Digital Tablet.

Setelah itu, tablet juga dibagi menjadi 2 operasi, yaitu:
  • Tablet Pasif, yang menggunakan teknologi induksi elektromagnetik. Dengan menggunakan sinyal elektromagnetik, tablet dapat merasakan posisi stylus tanpa stylus tersebut harus menyentuh permukaan tablet.
  • Tablet Aktif. Perbedaannya dengan tablet pasif terletak pada stylus. Kekuatan stylus pada tablet aktif bergantung pada baterai internal, bukan pada tablet.
Jadi kesimpulannya, Tablet Pasif menggunakan energi yang ada pada tablet itu sendiri. Sedangkan untuk Tablet Aktif, energi yang dihasilkan berada pada Stylus.

Dengan fungsinya yang dapat mendeteksi gerakan dan langsung menerjemahkannya pada layer monitor komputer, tablet sangat membantu dalam pekerjaan komputer grafis, khususnya desain dua dimensi. Namun beberapa paket aplikasi desain seperti The GIMP, Corel Painter, Inkscape, Photoshop, Pixel image editor, Studio Artist, the Crosfield imaging system, Quantel Paintbox, dan lainnya, biasanya mendukung penggunaan pada tablet untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan grafis dengan memodifikasi tools-nya.

Referensi: Wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Facebook Connect