Welcome to ChandrArt's Blog

Blog ini berisi artikel-artikel original saya tentang kehidupan saya, juga seni ^^
Silahkan baca, komentar, dan +1 jika anda berkenan ^^
Enjoy my blog ^^

Tuesday, October 18, 2011

Easy Paint Tool SAI


Easy Paint Tool SAI (atau lebih akrab disebut dengan SAI) adalah suatu program/aplikasi komputer yang berfungsi sebagai pengolah gambar. Seperti halnya Adobe Photosop dan Ms. Paint, mereka semua termasuk ke dalam program komputer pengolah gambar.

SAI, memang sudah cukup banyak digunakan oleh para Digital Artist di seluruh dunia. Mungkin Tool ini adalah tool ke-2 yang paling banyak digunakan di seluruh dunia setelah Ps. Tetapi menurut saya, SAI lebih mudah digunakan dibanding Ps, sehingga saya juga menggunakan SAI. (Tapi sebenarnya saya pakai Ps juga kok.. XD)

Mengapa disebut mudah digunakan? Ya, hal itu memang patut dipertanyakan.
Menurut saya, SAI memiliki fitur yang sangat lengkap, tetapi penggunaan fiturnya itu sangatlah mudah.
Sebagai contoh dari beberapa tools, ada tool Brush, Pen, Pencil, dsb. untuk Painting. Kita dapat mengganti ukuran, opacity (kegelapan), density (kepadatan, mode, dan warna brush sesuai kebutuhan kita. :)

Selain adanya tools untuk Painting, ada juga tools untuk Vectoring (Digital Art yang menggunakan persamaan matematis) seperti menggunakan Line untuk membuat garis, dan Curve untuk membuat lengkungan. Seperti halnya tools Painting, di tools Vector juga kita dapat mengatur pula ukuran, opacity, dsb.-nya sesuai kebutuhan/keinginan kita. :)

Lalu, SAI juga memiliki sistem Layer dalam penggunaannya. Hal ini membuat SAI lebih fleksibel. Karena kita dapat membuat beberapa layer yang berisikan gambar dan warna-warna yang berbeda. Seperti halnya Ps.

Dan hal yang paling membuat SAI lebih mudah dan nyaman digunakan dibanding Ps adalah Sizenya yang kecil.. XD

Sepertinya cukup dulu yang saya bicarakan tentang SAI saat ini, mudah-mudahan masih ada kelanjutannya.. :)

Oh iya, jika kalian ingin mencoba menggunakan SAI (bagi yang belum tentunya), kalian dapat mengunduhnya disini (Lisensi Trial 30 hari). Jangan terkejut setelah meng-klik link tersebut, karena memang ukuran SAI sangat kecil.. XD

0 comments:

Post a Comment

Facebook Connect